Aplikasi Hukum Bernoulli pada Cerobong Asap

20 Apr
Pasti kalian sering melihat cerobong asap. Dikota kota besar seperti Jakarta, Surabaya banyak dijumpai cerobong asap pada pabrik pabrik. Tapi apakah kalian pernah berfikir bagaimana kerja cerobong asap ? Ternyata kerjanya menganut hukum Bernoulli.
HUKUM BERNOULLI

Prinsip Bernoulli

Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama. Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda/Swiss yang bernama Daniel Bernoulli.

Dalam bentuknya yang sudah disederhanakan, secara umum terdapat dua bentuk persamaan Bernoulli; yang pertama berlaku untuk aliran tak-termampatkan (incompressible flow), dan yang lain adalah untuk fluida termampatkan (compressible flow).

Hukum Bernoulli pada Cerobong Asap

Pernahkah kalian berfikir mengapa cerobong asap suatu pabrik dapat mengeluarkan asap ? Ternyata hukum Bernoulli terdapat diproses ini. Asap yang dihasilkan suatu pabrik memiliki suhu yang panas atau tinggi. Suhu tinggi ini mengakibatkan massa jenis udara kecil dan mudah terapung atau bergerak ke atas. Disinilah hukum Bernoulli berperan.

Prinsip hukum Bernoulli menyebutkan bahwa jika pergerakan aliran udara tinggi, tekanannya menjadi kecil. Sebaliknya jika laju aliran udara rendah, tekanannya akan besar. Bagian atas cerobong berada di luar ruangan dan terdapat angin yang berhembus di  bagian atas cerobong. Akibatnya, tekanan udara disekitarnya lebih kecil. Udara bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat udara yang bertekanan rendah. Sehingga asap dari dalam bisa keluar melalui cerobong.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: